Cerpen: Cinta & Perasaan


Siang itu Dimas masih terdiam memandang kaku ke layar laptopnya di koridor kampus. Kala itu Dimas tetap saja membisu dengan laptop di pangkuannya tanpa mempedulikan keadaan sekitar. Tak lama kemudian, Randi yang baru saja selesai dari mata kuliahnya menghampiri sobat baiknya itu yang dari tadi kerjanya hanya terdiam kaku dan membisu. Sambil menepuk pundak Dimas, Randi menegurnya, “Dim, kenapa lo? Kayak patung aja lo, dari tadi gue perhatiin diam aja, ada apaan sih?”. “ahh.. ga kenapa2 kok” jawab Dimas yang tiba-tiba sadar dari terdiamnya seolah kebingungan sendiri. “Lantas kenapa dari tadi lo cuman diam di depan tuh laptop? Lo liat apaan sih?” balas Randi sembil menggeser laptop kearahnya. “ohh.. gue paham lo lagi ngelamunin cewek di profpic ini toh. Dia siapa Dim, pacar baru lo atau baru PDKT? Lo kok ga pernah cerita sih sama gue?” tanya Randi bertubi-tubi. “woii.. nanya nya satu-satu napa.. pusing gue jawabnya tau..” Dimas membalas seolah menenangkan suasana kala itu.



Dimas akhirnya menceritakan semuanya ke Randi yang memang mereka sudah sobat-an sejak lama. Naura Sari Amelia adalah nama dari foto yang mereka liat di laptop Dimas saat online di koridor kampus kala itu. Naura adalah teman smp Dimas yang kabar dan beritanya tak pernah terdengar lagi sejak hari perpisahan smp. Naura adalah orang yang pernah Dimas suka semasa smp tapi persaannya waktu itu terus dia pendam sampai sekarang. Akhirnya penjelasan yang begitu panjang lebar membuat Randi mengerti. “hmm.. jadi ceritanya begitu..” Randi angkat bicara saat semuanya sudah jelas, “lah terus kenapa lo tadi jadi kayak patung bukannya senang atau gimana gitu..”. “gue tadi tuh lagi mikir tau, ga habis pikir sekarang Naura tambah cantik yah walaupun emang dari dulu sih dia cantik” kalimat yang Dimas katakan diselingi sedikit senyum..

Hari-hari Dimas setelah peristiwa itu jadi lebih berwarna dan semakin memberinya motivasi serta semangat untuk menjalani hari-hari kuliahnya. Tapi tetap saja Dimas hanya bisa memandang Naura dari layar monitor laptopnya karena Dimas memang masih belum berani untuk berbuat apa-apa. “Dim, Dimas..” panggil Dika dari kejauhan. “Ada apa dik?” tanya Dimas yang seraya mendatangi Dika. “si Randi udah cerita tentang apa yang sedang lo alami.. nah daripada lo diam mebatu ga nge-lakuin apa-apa.. gue bermaksud buat bantu lo.. gimana?” percakapan yang di mulai Dika. Dika juga adalah sobat Dimas, Dimas, Dika, dan Randi mereka bertiga udah sobat-an sejak lama jadi mereka saling beritahu aja kalo ada hal pribadi di dalam persahabatan mereka. “ahh.. boleh sih tapi kalo ketahuan gimana Dik?” jawab Dimas yang tampak kebingungan di ekspresi wajahnya. “gue tau kok.. nah maka dari itu gue tuh mau nge-bantu untuk nyari-nyari info doang, jadi lo tenang aja rahasia ini aman, lo kayak ga kenal gue aja Dim” balas Dika yang mencoba menghapus kekhawatiran Dimas. Akhirnya sambil tersenyum Dimas menjawab “kalo begitu oke deh”..
 ***
Status di akun social-network Dimas Reihan Prasetya selalu muncul dengan penuh pujian untuk Naura, yah walaupun nama Naura ga dicantumkan tapi sobat & sahabat dekat Dimas tau kalo itu untuk Naura. Dimas memang orang yang terbuka dan karena hal itulah dia jadi memiliki banyak orang atau bisa dibilang sahabat yang bisa Dimas percaya.
 “cieela.. yang lagi fall’in love nih Dim” chat dari Echa Clarissa Shera.
 “ahh apaan sih cha, biasa aja kok” balas Dimas ke Echa.
 “haha.. kalo biasa kok status nya romance gitu sih? Wkwk, ga pengen cerita nih Dim?” Echa membalas.
“ohh ngeledek yee :P tumben lo nawarin gitu ke gue cha? ” Dimas balik ngeledek.
 “yah kan biasanya gue kalo ada masalah kan curhatnya ke lo.. apa salahnya kalo sekarang gue nge-bantu lo Dim, kalo ga mau yah gapapa :P” Echa balas ngeledek.
 “iya sih sebenernya gue emang mau cerita ke lo cha” jawab Dimas akhirnya ngalah dan mulai menceritakan semuanya ke Echa yang memang sudah teman akrab.
***
“Dika..” sapa Dimas menghampiri Dika yang lagi duduk di taman kampus. “eh Dimas, kenapa Dim?” respon Dika begitu melihat sobatnya itu mendekat. “gimana, udah dapat info tentang Naura, Dik?” tanya Dimas dengan penuh penasaran. “oh itu, iya sih, tapi....” perkataan Dika yang terpotong. Dika bingung, bagaimana cara mengatakannya ke Dimas. “ tapi kenapa?” tanya Dimas semakin penasaran. “sebaiknya lo ga usah ngejar-ngejar Naura lagi deh Dim..” lanjut Dika. Dimas semakin bingung dengan Dika dan kembali bertanya “emangnya kenapa Dik?”. “Naura yang sekarang udah beda dengan Naura yang dulu lo kenal Dim, sekarang dia udah berubah 180 derajat.. gue yakin, jangankan suka sama lo ngelirik lo aja kayaknya ga mungkin” Dika memberikan penjelasan tidak hanya sampai disitu, Dika bahkan menjelaskannya panjang-lebar ini-itu ke Dimas tapi tetap saja, Dimas masih sulit percaya dengan apa yang dikatakan sahabatnya itu.

Dan ketika hari itu datang, hari dimana Dimas dan Naura bertemu secara tidak sengaja di sebuah cafe. Dimas dan Naura pun saling bertatapan tapi Naura tetap saja tidak menghiraukan Dimas dan lewat begitu saja. Sampai ketika Dimas datang menghampiri Naura yang sedang duduk sendiri dimeja sudut cafe itu. "Naura kan? Ini gue Ra', Dimas" sapa Dimas ke Naura. "Ih siapa lo, gue ngga kenal, ngga usah ngaku-ngaku deh lo" jawab Naura dengan kasarnya. "tapi gue Dimas teman smp lo Ra'.. masa lo ga ingat gue sih Ra'" balik Dimas mencoba mengingatkan. "eh asal lo tau aja yah.. gue tuh ga mau lagi berteman dengan orang kere kayak elo.. gue ga level berteman sama lo jadi udah deh lo pergi deh sana atau gue panggil security nih.." hardik Naura ke Dimas.. Akhirnya sejak hari itu Dimas kecewa dengan Naura dan membencinya walaupun tidak sepenuhnya rasa bencinya itu menguasai karena Dimas masih memiliki sedikit perasaan ke Naura..

"Eh Dik, ternyata lo bener yah, sorry yah gue dulu ga percaya ma lo.." sapa Dimas saat bertemu Dika yang sedang jalan dengan Randi.. "ahh tunggu-tunggu.. emang lo salah apaan yah?" tanya Dika yang penasaran. "itu Dik, gue udah ngeliat sendiri gimana Naura yang sekarang bahkan dia sempat-sempatnya maki-maki gue.. jadi sorry yah waktu itu gue sempet ga percaya ama lo Dik.." Dimas menjelaskan. "udahlah Dim, sabar aja.. cewek kayak Naura ga usah lo pikirin lagi deh.. masih banyak kok yang lain kayak *ehm Echa mungkin.. haha" Randi yang mencoba menghangatkan suasana. "huhh apaan sih lo.. kita itu just make friend kok" Dimas membalas Randi. "ya udah besok gue ijin ya.. pengen menenangkan diri dulu nih & satu lagi.. kalian ga usah ikut gue lagi pengen sendiri" pinta Dimas yang kemudian mengakhiri percakapan hari itu bersama sahabatnya.

Akhirnya Dimas memutuskan untuk pergi menenangkan pikiran sehari ke daerah puncak. Dimas telah sampai, ia lalu turun dari mobilnya dan menuju ke tempat yang sayup-sayup dengan rindangnya pepohonan. Dimas kemudian berbaring di  rerumputan sekitar itu dan menatap ke langit yang sedang berawan “tempat ini memang begitu indah,suasana yang begitu tenang, ditambah sinar matahari yang tertutup awan membuatku lebih tenang menatap langit” kata Dimas dalam hati.
  

Setelah beberapa jam menghabiskan waktu menenangkan dirinya dia kemudian kembali pulang. Pasca Dimas dari puncak, Dimas terlihat mulai tenang yah walaupun tidak sepenuhnya kekecewaan dari masalah Naura hilang dari benaknya kala itu. Ekspersi Dimas yang tersenyum mencoba menutupi raut kekecewaannya.
***
Kuliah hari itu begitu berat dirasakan Dimas tapi untung saja Dika & Randi terus memberikan dukungan dan semangat ke Dimas sehingga mata kuliah Dimas hari ini dapat dilaluinya, yah walaupun Dimas masih dalam keadaan rapuh. Setelah meninggalkan ruang kuliah, akhirnya Dimas berjalan di koridor kampus menuju kantin. “Eh Dim, kemarin lo ga masuk yah?” sapa Echa saat berpapasan Dimas di koridor kampus. “ahh.. iya, kemari gue ga masuk..” jawab Dimas tanpa ada niat nanya balik. “gue tau kok masalah yang lo hadapin berat tapi ingat life must go on, Dim” support Echa. “iya cha, thanks yah cha supportnya..” jawab Dimas. Akhirnya Dimas berpikir dalam benaknya “iya yah betul juga yang di katakan echa, gue jadi kayak bukan Dimas aja, yah udahlah”.. Dimas yang terdiam sesaat, langsung mengajak Echa ke kantin.. “eh cha, ke kantin yuk.. gue traktir..” ajak Dimas. “duh, tumbennya.. kesambet apa lo Dim?” ledek Echa. “yee.. mau ga, ya udah kalo ga mau gue tinggal nih” Dimas mebalas. “yah maulah, ya udah ayo..” Sambil narik tangan Dimas menuju kantin.. Akhirnya sejak hari itu hari-hari Dimas mulai kembali seperti dahulu..
***
Kisah Dimas saat ini telah berubah, hari-harinya seakan lebih berwarna. Hubungan Dimas dengan kawan-kawannya semakin akrab, terlebih lagi terhadap Echa yang semakin hari semakin akrab saja. Mereka kerap terlihat bersama-sama, dikampus ataupun diluar kampus hingga Dika & Randi curiga kalo-kalo Dimas & Echa itu pacaran. “Dik, lo ga curiga tuh ma Dimas & Echa, mereka kok kayak orang pacaran gitu yah? Apa jangan-jangan mereka pacaran kali yah Dik” Randi tiba-tiba angkat bicara. “bagus dong, dengan begitu kan Dimas bisa lupa dengan Naura sepenuhnya.. atau jangan-jangan lo suka yah ma Echa dan cemburu yah..” balas Dika. Randi yang mencoba membela diri “yah enggalah, masa gue tega sih ma Dimas, gue tuh heran aja kok sih Dimas ga ngasih tau kita yah kalo dia sekarang pacaran ma Echa..”. “yee mana gue tau.. ahh ga usah ngada-ngada deh lo, ntar kita nanya langsung ke Dimasnya” balik Dika.

Dimas yang lagi asyik duduk di taman kampus dengan Echa tiba-tiba dihampiri oleh Dika & Randi.. “ciee lagi pacaran nih..” ledek Randi. “ahh lo apa-apaan sih kita kan cuma berteman juga..” Echa mengklarifikasi. “oh kirain kalian pacaran, ya udah kalian pacaran aja, kalian serasi kok..” ledek Dika seraya berlari menjauh. “yah itulah mereka suka nge-ganggu saya cha” Dimas yang baru bicara yang dari tadi hanya diam. Lepas dari perkataan Dimas tadi suasana kemudian hening diantara mereka. “woii napa lo cha, kok diam ntar kesambet pocong loh..” Dimas yang mencoba mengahangatkan suasana. “yee emang ada pocong siang-siang bolong gini.. ada juga lo kali pocongnya..” balas Echa. Suasana kembali seperti semula walaupun sempat hening beberapa saat. Tapi dibalik keakraban mereka, mereka sebenarnya Dimas memiliki perasaan lebih terhadap Echa, tapi Dimas yang terlalu takut untuk mengambil resiko memilih untuk memendam perasaannya. Dimas juga tidak dapat menebak apa mungkin Echa juga memiliki persaan yang sama. Tapi di lain sisi Dimas juga sebenarnya masih sangat mengharapkan Naura sadar dan berharap Naura kembali dapat menjadi sosok yang ia kenal waktu smp terlebih lagi jika Naura dapat menerima perasaan Dimas itu. 

"Echa.. gue mau curhat nih" kata Dimas ke Echa.. "duh Dim lo kayak ga kenal gue aja, curhat aja napa.. gue siap jadi pendengar yang baik kok kapan pun lo mau" jawab Echa.. "jadi gini cha.. gue akhir-akhir ini masih sering kepikiran sama Naura yah.. gue kayaknya masih berharap sama dia deh cha" curhat Dimas.. "yee.. Naura lagi Naura lagi.. kenapa sih Dim.. Lo harus bicara tentang dia lagi.. Dia tuh ga pantas buat cowok sebaik lo Dim.. gue ga rela tau.." respon Echa yang tiba-tiba jutek.. "lo kenapa cha? kok tiba-tiba jutek gitu.. gue salah ngomong yah..?" tanya Dimas penasaran. "yah ga kenapa-kenapa kok.. gue cuma ga rela aja.. apakah perhatian gue kurang Dim?" jawab Echa yang tiba-tiba membuat Dimas semakin bingung.. "hahh.. maksud lo cha?" tanya Dimas.. "jadi lo emang ga nyadar yah Dim.. sebenarnya gue tuh suka sama lo Dim.. gue selama ini sudah mencoba bersabar dengan lo yang lebih sering cerita tentang Naura.. Naura dan Naura.. Mungkin lo lebih menganggap gue seorang sahabat atau mungkin sebagai saudara tapi gue punya perasaan yang berbeda ke lo dan perasaan itu kini telah berubah menjadi cinta" Echa yang menjelaskan dengan meneteskan air mata. Dimas yang tak dapat menyembunyikan raut wajah yang bingung dan kacau masih terdiam. Dan Echa yang melihat Dimas hanya membisu akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Dimas sendiri.

"Eh lo liat Echa ga?" tanya Dimas ke Reni yang salah satu teman Echa.. "ih bukannya lo yang lebih tau.. lo kan yang lebih sering bareng ma dia.." jawab Reni.. "tapi udah 3 hari ini gue lost contact ma Echa mungkin lo tau.. telfon gue juga ga di angkat sms juga ga di balas apa mungkin lo tau Ren?" balik Dimas pada Reni.. "ahh iya ykataah, udah 3 hari ini juga dia ga masuk kampus.. Lo udah kerumahnya?" tanya Reni. "hahh dia juga ga kekampus.. pantas aja gue cariin ga ketemu.. belom sih.. ya udah kalo gitu gue kerumahnya dulu yah" kata Dimas mengakhiri pembicaraan dan langsung menuju rumah Echa.

"Cha.. Ada Dimas tuh cariin.." kata mama Echa yang manggil Echa. "bilang aja aku ga mau ketemu ma" jawab Echa. "kamu kenapa? ada masalah? apa ngga sebaiknya kamu ketemu dulu gih.. kasian kan dia.." nasehat mama ke Echa. Akhirnya Echa memutuskan untuk bertemu Dimas. "gue mau bicara cha.. kita bisa ke taman sebentar?" ajak Dimas ke taman kompleks perumahan Echa. "kita udah di taman nih lo mau bicara soal apa?" tanya Echa yang masih sedikit jutek. "aku mau minta maaf cha.. waktu itu aku lagi kacau cha.. sebenarnya aku udah lama juga punya perasaan yang sama kayak kamu cha tapi aku tuh takut kamu ngga jadi akhirnya aku lebih memilih memendamnya dan mencoba membohongi perasaanku sendiri dan menumpahkannya ke Naura.. tapi aku bener-bener ga tau kalo kamu juga suka sama aku.. so maafin aku cha.. aku juga sebenarnya sayang sama kamu cha.. kamu mau kan maafin aku cha?" Dimas yang tiba-tiba mengubah kata Lo-Gue-nya dengan Aku-Kamu dalam penjelasannya itu. "ya udah sekarang aku mengerti.. maafin aku juga yang udah lost contact dengan kamu Dim" Echa yang akhirnya mengerti apa yang sebenarnya terjadi kini memaafkan Dimas. Dimas dan Echa akhirnya berpelukan di taman dan Dimas mengucapakan "aku sayang kamu Cha" dan Echa membalas "aku juga sayang kamu Dim". kini mereka akan mengawali kisah baru bersama Dimas & Echa.

Tak ada yang tau masa depan itu seperti apa, jadi biarlah waktu yang menunjukkan apa yang akan terjadi pada kehidupan kita mendatang.

Dika, & Randi sepertinya juga akan tetap menjadi sahabat terbaik bagi Dimas sampai kapan pun.. seperti janji mereka bertiga.. “kita akan menjadi sobat sampai kapan pun” , dan itu semua telah menjadi lika-liku kehidupan Dimas sebagai pijakan dan langkah dalam proses menuju kedewasaannya.
Suatu saat kita akan sadar, apa yang kita lewati hari ini akan menjadikan kita sebagai pembelajaran dan membuat kita menjadi orang yang lebih dewasa dari hari ini..

Karya: Fajar Anzari

Cerpen di atas adalah karangan dan fiktif belaka jika ada hal seperti nama dan tempat, serta kejadian yang sama, saya tidak bermaksud apa-apa.. dan cerpen ini dibuat dengan tujuan karangan & fiktif biasa..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta (dalam) Kode Sandi