Review: Mesakke Bangsaku

Halo, lama juga yah saya tidak update blog ini.. gapapa soalnya lagi sibuk sih (alasan aja)

well, kali ini saya mau membahas review, soal Stand Up Comedy Tour Mesakke Bangsaku by Pandji Pragiwaksono.

Mesakke Bangsaku telah sampailah ke kota Makassar dimana melihat standupcomedy sudah diterima di kota ini. Sebagai komika juga (komika @StandUpIndoMKSR) saya melihat, bang Pandji adalah komika yang mampu membawakan materi yang memberikan pengaruh terhadap perubahan, walaupun belum memberikan perubahan yang signifikan tapi saya yakin kedepannya bangsa ini setidaknya akan sedikit lebih cerdas melihat berbagai hal. Dan dengan gaya khas yang dibawakan oleh bang pandji saya jujur ngefans dan banyak belajar dari dia serta dari pengalaman2nya, bang pandji cukup menginspirasi saya dibanding mario teguh sih hehe.

Saya menonton pertama kali standupnya bang pandji itu di youtube standupnite1 comcaf kemang. Sebagai individu yang dulunya anti dengan hal2 yg berbau politik. Bang pandji mampu membawakan bit2 politik yg berat dan MEMANG LUCU. Mulai dari Bhineka Tunggal Tawa, Merdeka Dalam Bercanda tour, sampai dengan Mesakke Bangsaku kemarin, saya jadi tahu banyak dan belajar banyak ternyata politik indonesia itu seperti apa, juga bagaimana menghargai hidup seperti yg dikatakan bang pandji di standupshow pertamanya Bhineka Tunggal Tawa "hidup itu bukan bagaimana kita memulai tapi bagaiman kita menjalani".

Dalam mesakke bangsaku kemarin, saya melihat makin hari bang pandji semakin mampu memberikan pelajaran untuk orang2 seperti saya yang cuek terhadap bangsa sendiri, apatis.
Bang pandji juga mengajarkan kita untuk mau menertawakan diri sendiri. Seperti dia yg membahas keluarganya yg absurd, terlebih dipo.
Pembahasan politik yg berat yg biasanya sulit diterima jika hanya sekedar diberi tahu, kini jadi lebih menarik disimak ketika dikemas dalam komedi terlebih dalam standupcomedy, orang2 seperti bang pandji yg juga komika2 lain dapat memberikan pelajaran yg dapat dengan mudah diterima menurut saya. Dan smartfren yg memfasilitasi tour standupcomedy mesakke bangsaku ini memiliki kepedulian akan bangsa ini. Dengan pembelajaran semacam inilah perlahan2 kita mengubah masyarakat untuk lebih peduli lagi dengan bangsa sendiri.

StandUpComedy, dan Mesakke Bangsaku terutama, tidak hanya membuat kita tertawa bersama2 tapi juga punya pesan moral yg tersirat dari bit2 yg dibawakan sehingga ketika ditonton ada hal yg kita pelajari dan bawa pulang.. seperti pesan bang pandji kemarin "pilih, pilih baik2 calon presiden kalian" ketika dia membawakan itu dan apa yg dia sampaikan sebelum dan sesudahnya membuat saya refleks mengatakan "ohh gitu ternyata, baru tau saya" yg menunjukkan bahwa masih banyak2 org diluar sana bahkan mungkin sudah lebih tua dari saya tidak tahu apa yg terjadi dengan Indonesia. Juga tentang kaum minoritas, dengan mesakke bangsaku bang pandji dapat memberikan wawasan lebih tentang indonesia.

Jika ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Kekurangannya ada di pemberian solusi yang terlalu singkat dan terlalu sedikit, mungkin waktu yg singkatlah yg membuat pemberian solusi kelihatan kurang tapi dengan adanya sesi tanya jawab saya pikir itu cukup menambah solusi walaupun saya masih haus akan solusi2 lainnya..

Tapi overall, malam itu bang pandji kembali membuat saya kagum seperti biasanya, dengan standup yg lebih berwawasan dan ada pesan yg bisa kita terima.

Mesakke Bangsaku, betapa kasihannya bangsaku :(

Yaelah tatapannya gitu amat


*yang ini komunitas standupindomksr

"Indonesia adalah bangsa yg penuh akan perbedaan jadi ketika ada yg tidak terima akan adanya perbedaan pendapat maka dia belum siap menjadi orang Indonesia" - pandji

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta (dalam) Kode Sandi

Cerpen: Cinta & Perasaan