Cinta (dalam) Kode Sandi

"apa kabar?" mungkin itulah hal yang tepat untuk saya katakan untuk sapaan ku pada kalian yang sudah membaca post yang kali ini.. semoga kalian baik-baik saja dan akan tetap mengunjungi blogku ini..
well, sampai dimana saya tadi? ohh iya saya baru mulai..

sebentar sebentar.. (inspirasiku saya taruh dimana tadi?)

ohh iya, sudah saya temukan.. nah mari kita lanjut..

siang tadi di sekolah *ralat* di kelas tepatnya, saya sempat nganggur dan tidak melakukan apa-apa sampai akhirnya kehampaan prilaku itu seketika berhenti ketika saya iseng-iseng mengambil sebuah buku tulis (ntah itu punya siapa yg jelas bukan punyaku, dan maafkan saya untuk orang yg punya) membuka halaman terakhir dari buku itu kemudian saya mencoret-coretnya, coretan-coretannya saya mulai dari bentuk skala pengukur detak jantung yang biasa standby dimonitori dirumah sakit.. hingga saya tersadar.. saya teringatkan akan masa-masa smp kelas 1 dan saya masuk atau menjadi anggota pramuka yang didalamnya kami diajarkan hal-hal dalam pramuka.. seperti sandi-sandian (sandi morse, sandi rumput-sandi paku dan sandi-sandi yg lainnya)

saya sadar begitu melihat coretan grafik detak jantung saya melihatnya dan mengingat sandi rumput dan sandi paku.. well tapi saya tidak hapal bahkan tidak satupun.. tapi ada satu jenis sandi yang paling mudah untuk diingat dan dalam duduk termenungku dengan segala kenangan yang berlari dipikiranku, saya mengingatnya..
nama sandinya adalah AsamadenganN (A=N)

jadi penjelasannya adalah huruf A yang kita tulis itu mewakili huruf N dan begitupun sebaliknya.. mungkin jika dijelaskan secara teori agak sulit di pahami.. dan untuk memudahkannya ini adalah rumusnya..

sandi A=N
A = N
B = O
C = P
D = Q
E = R
F = S
G = T
H = U
I = V
J = W
K = X
L = Y
M = Z

nah sebagai contoh begini nih.. ANZN FNLN SNWNE berarti NAMA SAYA FAJAR..
oke, mari kita lanjut..

tunggu dulu.. *hening*

saya lupa mau bilang apa.. *hening lagi*

*dan setelah beberapa menit berlalu* hmm.. akhirnya saya ingat.. yah waktu itu (disekolah yg saya lagi nganggur itu) saya berpikir.. gimana kalo misalnya kita bikin surat cinta (iya, saya tau metode surat cinta itu sudah jadul, saya juga hanya iseng kok) yang menggunakan tatanan sandi AsamadenganN ini.. nah yang ada orang bacanya akan agak kesulitan mungkin bukan agak lagi.. *ralat* sangat kesulitan dan menyusahkan buat menerjemahkan huruf per huruf satu per satu untuk membaca makna di balik sandi yang kita tuliskan..
kata-kata perkenalan nama saja (NAMA SAYA FAJAR) sudah memakan cukup waktu untuk menerjemahkannya gimana kalo sudah jadi satu kaliamat yang panjang atau satu bait, atau bahkan selembar bisa-bisa kita kehabisan waktu dan akhirnya stress sendiri dan tidak jadi membacanya..

misalnya begini..

QRNE QRN,

CREXRAYXNA, FNLN NQNYNU CRATNTHZ ENUNFVNZH, FNLN ZRAHYVF VAV HAGHXZH FHCHLN XNH GNH NXNAXH.. LNU JNYNHCHA FNLN GVQNX ZRALROHGXNA ANZNXH GNCV FRGVQNXALN XNH GNH, NQN FRBENAT FRPERG NQZVERE-ZH

QNEV CRATNTHZ ENUNFVNZH
oke, itu tadi sepenggal bait yang sudah saya buat dengan susah payah dan makan banyak waktu serta menyita banyak kesabaran untuk membuatnya hanya untuk membuat iliustrasinya jika di sandi AsamadenganN dituangkan dalam bentuk kaliamat yang panjang.. coba bayangkan beberapa baris saja sudah cukup sulit, gimana kalo sudah selembar.. nah sekarang tugas kalian coba deh diterjemahkan apa arti kalimat itu.. masa kalian tidak penasaran apa maksud dari tulisan itu yang mengkin kalo dibaca akan terlihat seperti kita ngomong pas lagi epilepsi atau kita kayak kumur-kumur sehabis nyikat gigi.. coba deh di terjemahkan.. yah kalo nda mau yah nda apa-apa juga sih tapi apakah kalian tidak penasaran *mencoba memberikan sugesti agar kalian membacanya* ayo dong coba deh..

baiklah saya akan menunggu..

gimana udah belum?

susah yaa?

sulit yaa?

ribet yaa?

ayo dong semangat..

payah kalo kalian nda bisa.. huu..

ayo.. masa nda bisa jawab tantanganku..

ahh.. nda seru!

masa kalian nda penasaran..

oke, saya masih menunggu..

*menunggu*

*menunggu*

*menunggu*

*menunggu*

*menunggu*

*menunggu*

*menunggu*

*menunggu*

*menunggu*


gimana udah frustasi belum?

ya udah daripada kalian mati penasaran dan menghantuiku.. yaudah saya kasih tau jawabannya..
siap-siap nih.. ada tata caranya.. ritual-ritual sebelum kalian bisa mengetahuinya..
jadi seperi ini..

langkah-langkahnya:

  1. ceklah kursor pada layar anda bergerak atau tidak, kalo tidak bergerak dan jalan mungkin bensinnya habis (iya, saya tau ini nda ada hubungannya)
  2. pastikan kursor anda bergerak sesuai arah, jangan sampai kursornya berlawanan arah dengan yang diinginkan
  3. ini penting?! taukah anda yang namanya "memblok"? itulah memberikan tanda pada tulisan kita dengan mengklik dan menyeretnya.. yaudah kalo kalian sudah tau mari kita lanjutkan..
  4. oke setelah kalian membaca tata cara dan ritulnya, kita mulai sekarang..
  5. iya, sekarang kita akan mulai.. *ini serius*
  6. oke.. sekarang mulai dengan memblok dari start yang saya tentukan dan saya akhiri..
  7. oke, mari kita praktek..
start-->>

DEAR DEA,
PERKENALKAN, SAYA ADALAH PENGAGUM RAHASIAMU, SAYA MENULIS INI UNTUKMU SUPAYA KAU TAU AKANKU.. YAH WALAUPUN SAYA TIDAK MENYEBUTKAN NAMAKU TAPI SETIDAKNYA KAU TAU, ADA SEORANG SECRET ADMIRER-MU

DARI PENGAGUM RAHASIAMU

<<--finish

gimana? benarkah jawaban kalian atau kalian hanya frustasi dan tidak pernah mencoba menjawabnya..
kerenkan kalo misalnya itu kita praktekan haha (keren nda, susah iya -__-)

oke setelah kalian membaca terjemahannya atau artinya atau apalah itu dari tulisan yang saya buat dari sandi AsamadenganN maka, dapat saya prediksi bahwa kalian pasti bertaya yang jadi objeknya itu siapa? iya siapa? oke jadi disini saya akan meluruskan bahwa objek yang ada di surat cinta itu hanyalah khayalan semata dan tidak pernah berhubungan dengan kenyataan..

well, itulah tadi sepotong surat cinta yang menggunakan kata sandi AsamadenganN, jadi gimana menurut kalian? patut dicobakan haha oke oke kalian boleh kok memberikan kiriman aplus dan komentar kok.. saya juga menerima kiriman coklat haha..

yah sampai disini dulu lah buat sekarang.. tunggu update-update berikutnya yah reader hehe ;)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen: Cinta & Perasaan

Ending One Piece